Share

Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia Terbaru


Contoh Pidato singkat merupakan suatu hal yang sangat penting karena ini adalah sebuah pemikiran yang harus ditujukan kepada banyak orang. Kemampuan seseorang dalam berpidato sangat dibutuhkan ketika sedang memimpin sebuah rapat atau membawakan sebuah tugas dalam kerja/sekolah.

Jenis pidato memang banyak sekali apalagi isi dari pidato itu harus sesuai dengan tema kegiatan yang sedang dilaksanakan. Meskipun terbilang sangat sulit apalagi bagi anda yang belum terbiasa tampil dihadapan banyak orang pasti akan membuat grogi untuk berpidato.

Biasanya para pelajar juga membutuhkan sebuah contoh pidato untuk tugas sekolah atau kuliah yang diharuskan membuatnya sendiri. Dalam membuat naskah pidato memang tidak semudah yang anda pikirkan dan harus berkonsentrasi dalam pembuatannya.

Banyak tema pidato yang populer adalah tentang pendidikan ataupun perpisahan. Buat anda yang kesusahan dalam membuat seperti apa pidato itu bisa melihat kumpulan pidato yang sudah saya sediakan berikut ini. Anda tinggal sesuaikan dengan kegiatan atau kerjaan yang sedang ditugaskan pada anda.

Contoh Pidato

Contoh Pidato

Contoh Pidato Pendidikan

Assalamu’alaikum Wr. Wb..

(Isi Muqoddimah Sesuai yang anda bisa)

Para hadirin yang saya hormati..

Bangsa yang baik merupakan cerminan kualitas pendidikan yan baik di dalamnya. Pendidikan di Indonesia memerlukan perbaikan kualitas pendidikan untuk menunjang kualitas bangsa kita.Pendidikan merupakan proses yang panjang, dan pada hakekatnya adalah perjalanan yang tiada henti untuk mencapai sebuah tujuan sehingga diperlukan ide-ide dan konsep-konsep baru. yang berarti keberhasilan pendidikan tersebut telah menumbuhkan budaya baru dengan manusia yang cerdas.

Manusia yang cerdas akan mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam jiwanya. Kemudian dia akan mampu menguasai sains dan teknologi yang menjadi budaya baru dan kemudian masuk ke dalam tatanan menjadi masyarakat yang akan dipilih oleh bangsa ini. Pendidikan yang tertata rapi, mampu menumbuhkan jiwa yang bijak yang menguasai sains dan teknologi yang akan mengubah bangsa Indonesia menjadi Indonesia baru.

Hadirin sekalian yang berbahagia…

Hal tersebut menjadi masalah utama bagi pendidikan di Indonesia, di tambah dengan persoalan tenaga pendidik yang belum mumpuni, sarana pendidikan yang tidak memadai muncul, dan mahalnya biaya pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini, kita masih tertinggal jauh dibandingkan dengan bangsa lain. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mencerdaskan bangsa, dengan meningkatkan pendidikan demi menjadikan bangsa yang cerdas melalui sistem pendidikan nasional yang menyeluruh dan berencana.

Memang untuk menuju ke arah tersebut, bukanlah pekerjaan yang mudah dan tanpa hambatan dengan berbagai faktor persoalan pendidikan yang terkait. Peran pendidikan, sebagai sarana pemberdayaan, harus secara sadar menyiapkan peserta didik dalam kehidupan masyarakat baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Diperlukan pendidikan yang mampu menumbuhkan jiwa independen dan pernyataan diri yang menghargai dalam perbedaan.

Besar harapan kita untuk bangsa ini, sehingga kedepannya sistem pendidikan harus berubah dari instruksional menjadi motivasional berprestasi, berkreasi dan berbudi pekerti.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Kesehatan

Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati Bapak-Ibu dewan juri beserta para hadirin yang saya cintai. Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan YME atas karunia dan rahmatNya sehingga saya masih bisa berdiri di sini dan diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato saya yang berjudul ‘ Jagalah Kesehatan Dengan Pola Hidup Sehat’.

Para hadirin yang berbahagia, pada kesemptan yang baik ini, saya ingin mengajak semuanya untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan aktivitas dengan maksimal.
Terkadang, kita lupa akan arti penting dari kesehatan itu sendiri. Baik karena aktivitas yang sangat padat maupun rasa malas kita sendiri, sehingga menjadikan kita lupa untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Alhasil kita menjadi sakit sehingga aktivitas kita akan terganggu dan ketika kita sakit, kita harus mengeluarkan banyak biaya untuk berobat. Padahal jika kita mau mencermati, pola hidup sehat bukanlah barang yang mahal harganya. Sebab berolah raga seperti jogging, senam, dan lain – lain tidaklah memerlukan uang yang banyak. Namun kegiatan ini dapat kita terapkan di lingkungan sekitar kita.

Para hadirin yang berbahagia. . .
Saya ingin menegaskan bahwa kesehatan adalah modal dasar bagi kita untuk dapat beraktivitas dengan maksimal. Maka dari itu, marilah kita menjaga kesehatan tubuh kita dengan teratur.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan kita :
Pertama, Jauhi mengkonsumsi minuman keras dan obat-obat terlarang karena dapat menimbulkan efek ketagihan bagi kita.
Kedua, Perbanyaklah minum air putih.
Ketiga, Sayangi paru-paru kita dengan tidak merokok.
Keempat, Aktif pada salah satu kegiatan olah raga kesukaan kalian. Selain dapat mengukir prestasi di bidang tersebut, kalian juga tentu akan sehat.

Demikian pidato dari saya semoga bermanfaat bagi para hadirin sekalian. Apabila ada salah kata saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Nah itulah dia Contoh Pidato Singkat Terbaru yang bisa anda jadikan referensi dalam berpidato nantinya. Tinggal cocokkan saja dengan tema apa yang akan anda sampaikan kepada orang-orang. Semoga bisa bermanfaat buat anda yang sedang membutuhkannya dalam kegiatan sekolah ataupun dalam pekerjaan.

Share

Entri Populer